search

Resiko Merubah Domain Blogspot

03 Januari, 2012

Bagi seorang blogger, mempunyai domain sendiri adalah suatu impian dan kebanggaan khusus untuknya. Selain itu, para pembaca blog juga akan menganggap blog yang memiliki custom domain akan terlihat lebih professional. Sedangkan bagi pemasang iklan yang akan memasang iklan mereka pada blog yang mempunyai custom domain juga akan lebih tergiur dibandingkan saat kita masih menggunakan nama domain blogspot yang notabene gratis tersebut. Tapi apakah kamu tau resiko merubah domain blogspot ke custom domain ? Lalu bagaimana cara mengatasinya jika alexa dan pagerank turun ?

Untuk lebih jelasnya, maka perhatikan baik-baik tips mengatasi resiko merubah domain blogspot ke custom domain berikut.

Resiko Memindahkan Sub-domain Blogspot Ke Custom Domain

Me-redirect suatu alamat web atau blog tentu saja memiliki beberapa resiko karena blog kita akan dianggap sebagai blog baru oleh search engine. Dibawah ini beberapa resiko yang akan dialami blogger ketika memindahkan blog nya ke custom domain.

1. Penurunan alexa rank dan Google pagerank (Sementara)

Meredirect sub-domain blogspot ke custom domain tentu akan membuat blog kita seperti sebuah blog baru. Penurunan alexa rank dan Google pagerank tentu saja sudah menjadi sebuah resiko yang harus ditanggung ketika kita memindahkan alamat blog kita ke domain baru. Namun permasalahan ini hanya bersifat sementara karena alexa rank dan pagerank kita akan kembali seperti semula secara bertahap. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 1-3 bulan untuk kembali ke kondisi semula.

2. Penurunan kecepatan peng-index-an Search Engine (Sementara)


Dengan menurunnya Google pagerank tentu akan berpengaruh juga kepada kecepatan pengindexan search engine. Sebagai contoh, postingan terbaru blog ini baru terindex di search engine setelah 2-3 hari setelah tanggal postingan di publish, hal ini sangat berbeda jauh dengan kecepatan pengindexan sebelum blog ini saya pindahkan ke custom domain, postingan terbaru hanya membutuhkan waktu 1-2 menit untuk terindex di search engine. Permasalahan ini akan kembali seperti semula seiring perkembangan pagerank dan alexa rank blog kita.

3. Kehilangan pembaca melalui Feed (Permanent)

Merubah URL blog tentu saja akan merubah alamat feed blog kita, dengan kata lain kita akan kehilangan pembaca yang telah berlangganan artikel melalui alamat feed blog kita yang lama.

4. Penurunan jumlah pengunjung (Sementara)

Pada saat perubahan sub-domain lama ke domain baru, google secara bertahap akan berusaha memindahkan alamat blog lama ke alamat blog baru, hal ini disebabkan blogspot menggunakan fitur redirect 301 (permanet redirect) ketika kita memasukkan alamat domain baru kita di settingan blogspot. Jumlah halaman blog lama kita yang telah terindex di search engine akan dihapus secara bertahap dan di index ulang ke alamat domain baru. Masa-masa transisi pengindexan google ini lah yang akan menyebabkan pengunjung blog kita menurun untuk sementara.


19 komentar

  1. Bahaya Juga ya,, ah mendingan .blogspot.com aja lah lebiih afdol

    BalasHapus
  2. nice..!!
    resiko sementara kan? tapi nanti keuntungannya ya lebih besar.. hehe
    saya aja pengen.. hohohoho

    BalasHapus
  3. wahhh ane sih lebih masih kepingin pake blogspot[dot]com karena space kagak da batas.... heeheheh

    koment balik ya masbro

    BalasHapus
  4. bener banget tu sob.. gnti domain sendiri blog kita ibarat blog yg baru lahir sob, semua kita ulang dari awal lagi.. saya dah ngalamin ny sob..

    tapi kita akan dapatkan sesuatu yg lebih nantinya sob.. :)

    di tunggu follow back nya y sob.. :)

    BalasHapus
  5. wah, tyrims tutorialnya - mudahan dapat diterapkan soalnya sdh terlanjur sih

    BalasHapus
  6. mencoba setia aj deh, tetap pke blogspot aj.hehe

    BalasHapus
  7. wahh, untung ane masih newbie, jadi ada pengalaman nie gan kunjungi blog agan,,, follow back ane ya gan di blog-joyo.blogspot.com

    BalasHapus
  8. wah ...
    Jadi harus di pikir ulang nih

    nice info sob ...
    Di tunggu kunjungan baliknya ...

    BalasHapus
  9. gan,tpi klo pke domain yg gratisn mcam .co.cc and .co.nr apa jga bsa meningkatkan pagerank and alexa rank?

    BalasHapus
  10. @kelompok 4/XI IPA-1 : bisa kok. tetep bisa. untuk PageRank yang bikin seret naiknya itu jika kita masih pake sub domain seperti blogspot ini :)

    CMIIW

    BalasHapus
  11. makasih agan
    ilmu yang gede banget manfaatnya

    BalasHapus
  12. SAMA SPT DOMAIN GUA BOS..TURUN TP CUMA SEBENTAR TAPI MENINGKATNYA JUGA TAJAM SETELAH 3-4 BULAN SETELAH GUA RUBAH MENJADI .COM......

    BalasHapus
  13. wah resikonya agak besar juga za...
    blogwalking http://yeyensujianto.blogspot.com/

    BalasHapus
  14. klau merubah nama blog itu berpengaruh nggak ya mksih
    ijobunglon.blogspot.com
    ijobunglon yang saya maksud itu bisa berpengaruh?

    BalasHapus
  15. makasih boss.. dari tadi nyari artikel kenapa alexa saya terjun bebas. oke makasih. ternyata saya yang bego! hahaha..

    BalasHapus
  16. @afrilla adhitya: berpengaruh nantinya, traffic blong bisa lebih melejit. karena lebih gampang terindeks di google

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.