search

Kehebatan Beriklan di Facebook

02 Januari, 2012

Jika mendengar kata Facebook, maka siapa yang tidak kenal ? Hampir 90% rakyat Indonesia telah mengenal Facebook. Bahkan pengguna Facebook pun makin membengkak setiap hari dan setiap detiknya, khususnya di Indonesia sendiri, dari anak-anak hingga dewasa, bahkan tua sekali pun juga banyak yang memiliki account Facebook.

Dampak Terhadap Marketing

Banyaknya pengguna facebook di Indonesia yang tidak terbatas terhadap anak muda saja membuat banyak perusahaan melakukan branding melalui facebook. Mereka seringkali membuat iklan mengenai quiz, hadiah-hadiah, dan lain sebagainya. Hasilnya?? Sangat efektif sekali untuk media branding dalam waktu yang relatif singkat!
Maka tidaklah heran apabila banyak buku ataupun seminar-seminar mengenai kekuatan branding dari social media.

Mengapa Iklan di Facebook Lebih Efektif?

Alasannya sederhana, simple, dan klasik. menurut saya karena jumlah pengguna yang sssaaaannngggaaattt banyak, iklan yang menarik, di iklan tersebut terdapat gambar dan teksnya. Gambar akan merangsang mata untuk melirik ke arah dimana iklan dipasang, sedangkan teks iklan untuk merangsang pengguna mengklik iklan tersebut.



Indonesia Mulai Beralih Ke Tren Digital Advertising

Berkat banyaknya pengguna facebook serta tarif internet yang terjangkau, sekarang nampaknya Indonesia mulai beralih ke tren digital, padahal sebelumnya Indonesia hanya menggunakan televisi sebagai media branding suatu produk. Namun sayangnya, perusahaan - perusahaan hanya tertarik melakukan iklan hanya menggunakan media facebook. Mereka belum dapat melihat potensi dari Blogger yang menjamur dimana-mana!

Kapan Blogger Indonesia Bangkit?

Menurut saya Blogger Indonesia akan bangkit dan semakin marak apabila perusahaan dalam negeri juga mendukung pertumbuhan blogger Indonesia dengan melakukan branding produk mereka melalui media blogger atau website Indonesia. Sepertinya untuk mendapatkan kepercayaan tersebut dari perusahaan dalam negeri dibutuhkan perusahaan besar yang sudah terkenal dalam bidang advertising untuk membuka kantor di Indonesia.
Saat itulah blogger akan bangkit dan membengkak jumlahnya. Namun, sepertinya kita masih harus menunggu cukup lama untuk sampai pada momen tersebut. Untuk perusahaan lokal juga masih sepi peminat advertisingnya namun bayarannya sudah melonjak semakin tinggi. Itu tergantung dari traffic serta pagerank nya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.