search

10 Gangster Paling Berbahaya di Dunia

21 December, 2010

Menurut sekelompok orang di benua Eropa dan Amerika, menjadi anggota gangster adalah keren. Dimanapun mereka berada, pasti akan ditakuti, terutama oleh masyarakat sekitar. Bahkan beberapa tahun lalu, di Indonesia juga sempat dihebohkan oleh berita tentang gangster yang didirikan sekelompok remaja perempuan di daerah Pati, Jawa Tengah. Mereka menamai kelompok mereka dengan 'Genk Nero'.

Tetapi gangster yang akan saya bahas bukanlah gangster abal-abal seperti 'Genk Nero', tetapi gangster kelas dunia yang paling ditakuti dan bahkan tercatat sebagai gangster paling berbahaya dalam catatan sejarah dunia.


YAKUZA
    (klik untuk memperbesar)
      Yakuza, adalah gangster Jepang yang identik dengan tatto disekujur tubuh mereka. Biasanya membentuk seperti pakaian yang dikenakan.
      Tahun 1612, berawal saat Shogun Tokugawa berkuasa dan menyingkirkan Shogun sebelumnya. Pergantian ini melibatkan sekitar 500.000 orang samurai yang disebut hatomo-yakko (pelayan shogun) menjadi kehilangan tuan atau disebut juga kaum ronin.
      Banyak dari mereka yang menjadi penjahat dan centeng karena hal itu. Disana mereka disebut sebagai kabuki-mono atau samurai nyentrik urakan yang selalu membawa pedang kemanapun mereka pergi. Untuk berkomunikasi dengan sesama anggota, mereka biasa menggunakan bahasa slang dan kode rahasia. Di antara sesama ronin terdapat kesetiaan yang tinggi, sehingga kelompok ini sulit ditumpas.
      Untuk melindungi kota dari kabuki-mono, banyak kota-kota kecil di Jepang membentuk machi-yokko (satgas kampung). Terdiri dari para pedagang, pegawai, dan orang biasa yang mau menyumbangkan tenaganya untuk menghadapi para kabuki-mono. Walaupun mereka kurang terlatih dan jumlahnya sedikit, namun anggota machi-yokko ini mampu menjaga daerah mereka dari serangan kabuki-mono. Dikalangan rakyat jepang pada abad ke-17, kaum machi-yokko ini dianggap sebagai pahlawan.
      Masalah menjadi rumit karena setelah berhasil menggulung para ronin, para anggota machi-yokko ini malah meninggalkan profesi awal mereka dan memilih menjadi preman. Hal ini diperparah dengan campur tangan Shogun dalam memelihara para machi-yokko ini. Ada 2 kelas, yakni kaum Bakuto (penjudi) dan kaum Tekiya (pedagang).
      Tekiya, namanya saja kaum pedagang, namun pada kenyataannya kaum Tekiya ini suka menipu dan memeras sesama pedagang. Walaupun begitu, kaum-kaum ini punya sistem kekerabatan yang kuat. Ada hubungan kuat antara Oyabun (boss/bapak) dan kobun (bawahan/anak), serta Senpai-Kohai (Senior-Junior) yang kemudian menjadi kental dalam organisasi YAKUZA.

    La EME

      The Mexicana Mafia (La EME) memiliki markas dan anggota dibanyak penjara di seluruh US. Gangster ini didirikan tahun 1950 di California. Memiliki hubungan erat dengan Aryan Brotherhood, yaitu gangster kecil yang suka membunuh banyak tahanan di penjara. Diketahui sebagai organisasi kriminal, pemeras, narapidana prostitusi, perdagangan narkoba, dan pembunuh bayaran.


      La EME memiliki banyak kontrak dengan gang - gang lain untuk membunuh rival mereka. Gang ini tidak memiliki banyak peraturan. Beberapa peraturannya yaitu : tidak mengekspos gang, tidak ada MAHO, dan tidak pengecut. Kegiatan La EME yang banyak diketahui antara lain, pemerasan, perdagangan narkotika, dan pembunuhan.

    The Mungiki 

    Banyak ditemukan di daerah-daerah miskin Kenya. Gang ini berdiri pada tahun 1980. Mungiki secara keras melawan kristenisasi dan westernisasi. Anggota gang ini bertindak secara paksa memotong organ genital wanita, pemenggalan, dan mutilasi. Mungiki pernah membunuh 50 orang karena perselisihan, 2 di antaranya adalah anggota polisi.


    Primeiro Comando da Capital (PCC)
     
    Gangster Brazil yang didirikan pada tahun 1993 oleh 8 tahanan. Secara keras melawan perangkat pemerintahan dari stasiun, polisi, hingga terminal bus. Sejak tahun 2006 gang ini sudah menyerang 300 sarana publik. Setiap anggota harus membayar $27 untuk yang dipenjara, dan $270 untuk yang telah bebas. Kebanyakan dari uang itu digunakan untuk membeli senjata dan obat. Untuk bergabung dengan gang ini, seseorang harus dikenal oleh anggota yang lainnya dan diterima sumpah setianya.


    Black Guerrilla Family

    Black Guerrilla / Black Family / Black Vanguard, didirikan tahun 1966 oleh George Jackson di Marin Country, CA. Gang ini beranggotakan orang-orang ras Afrika-Amerika. Bertujuan untuk mengangkat martabat orang-orang kulit hitam di penjara dan berencana menggulingkan pemerintahan US. Black Guerrilla ini termasuk gang berfaham marxism kuat. Gang Black Guerrilla ini beranggotakan lebih dari 50.000 anggota. Namun, kebanyakan dari anggotanya juga bergabung dengan gang lain. Untuk bergabung dengan gang ini, syaratnya harus "hitam" dan diakui serta dipilih oleh anggota yang ada.


    La Nuestra Familia

    La Nuestra Familia didirikan pada tahun 1968 dan beranggotakan para tahanan amerika-meksico. Gang ini merupakan rival berat dari La EME. Bertujuan mempertahankan budaya cichano. Ketua gang ini mengontrol gang dari dalam penjara untuk melakukan kegiatannya. Gang ini dikenal membunuh siapa saja dan anggotanya dikenal sebagai kriminalis berat, karena La Nuestra memerlukan waktu perekrutan dan orientasi hingga 2 tahun. Wanita dilarang bergabung dalam gang ini. La Nuestra juga mewajibkan anggotanya untuk menjunjung tinggi gang diatas keluarga, uang, obat, dan wanita. Tetapi terkadang wanita digunakan untuk menyalurkan obat.


    Texas Syndicate

    Texas Syndicate / Texas 7 (T7) adalah gang yang didirikan sebagai respon terhadap perkembangan gangster di California, seperti La EME dan AB. Dikarenakan gang-gang tersebut sangat mengintimidasi, terutama di Texas. Oleh karena itu, tahanan di Texas membentuk gang untuk pertahanan diri mereka. T7 tidak mengizinkan anggota di luar ras Hispanik. Dan ras kaukasia paling dilarang di T7. Gang ini beranggotakan para imigran Mexico, bukan orang Mexico yang lahir dan besar di US. Pada tahun 2000, gang ini diberitakan memiliki anggota berjumlah 1000 orang di dalam penjara, dan 830 orang di luar penjara.



    The Crips
    Didirikan oleh anak berusia 16 tahun bernama Stanley Williams dan Raymond Washington. Awalnya gang ini adalah sebuah gang kecil yang berhubungan dengan gang-gang individu lainnya. Namun sekarang telah berkembang menjadi gang terbesar dan terkuat di US. Beranggotakan sekitar 300.000 orang. The Crips sering dikenal dengan pakaiannya yang berwarna biru. Rival berat mereka adalah Blood dan gang-gang Hispanik. The Crips terkenal sangat brutal dan kasar, biasa berkelahi dengan gang lain maupun sesama anggota, dan berakhir dengan kematian.


    Mara Salvatrucha

    Mara Salvatrucha atau MS-13 menjadikan semua gang seperti orang tolol yang menjual obat bius. Faktanya MS-13 adalah gang paling mematikan yang pernah ada. Anggota gang ini umumnya adalah orang-orang Guatemala, Honduras, Salvador, dan orang Amerika Tengah lainnya. Gang ini berdiri sejak tahun 1980, untuk melindungi imigran dari gang besar lainnya. MS-13 telah menyebar dari Amerika Tengah - Spanyol, US, Inggris, dan Kanada. Di US sendiri anggotanya mencapai 10.000 orang. Gang ini memburu dan membunuh siapa saja yang berbicara tentang pelanggaran hukum yang dilakukan oleh MS-13. Termasuk dalam gang yang sangat brutal, khususnya pada orang-orang yang tidak bersalah (non-gangster). Mereka pernah menembaki sebuah bus berpenumpang anak-anak dan wanita dan berakhir dengan kematian 28 orang.  Kegiatan Mara Salvatrucha yang telah diketahui antara lain : penyelundupan narkoba, penjual senjata-senjata black market, pencurian, pembunuh bayaran, perdagangan manusia, penyerangan, terutama pada penegakan hukum.


    Wah Ching

    Wilayah : Hong Kong, San Francisco, Los Angeles
    Kegiatan: Senjata dan perdagangan manusia, pemerasan, pembunuhan, pencurian, pembajakan perangkat lunak, perjudian, pelacuran.
    Anggota : lebih dari 7.000 orang, dan sebagian besar terdiri dari pemuda-pemuda China yang berada diperantauan.
    Tergolong dalam gangster yang modern. Kejahatan mereka dapat dibilang canggih, karena dapat membuat uang palsu. Tahun 1995 di LA, terbongkar sebuah pabrik yang dijalankan oleh Wah Ching dengan produk Microsoft palsu senilai $18 juta, juga ditemukan senjata dan bahan peledak sejenis TNT dan C-4.

      2 comments

      1. gangster kek gini masih ada juga ya ternyata
        kirain udah pada tobat, xixixi

        ReplyDelete
      2. jadi ingat kalau nonton film Gangster, seru bgt....

        ReplyDelete

      Note: Only a member of this blog may post a comment.